Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Bupati Apresiasi Peran Kadin Tumbuhkan Geliat UMKM


SeputarPati.Com - Bupati Haryanto berkesempatan hadir di Rapat Pimpinan Kabupaten Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Pati dalam rangka pemberdayaan UMKM Binaan Kadin Kabupaten Pati di Pendopo Kabupaten, Rabu (16/9).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Ketua Kadin Pati beserta jajarannya. Sedangkan Ketua Kadin Provinsi dan seluruh anggota UMKM mengikuti kegiatan ini secara virtual.

Bupati Pati Haryanto mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terhadap pelaku UMKM khususnya yang berada di Kabupaten Pati. Ia menyebutkan Kadin bertugas untuk menjadi sarana penghubung antara pelaku UMKM dengan pemerintah.

“Tidak lepas dari peran pemerintah, kita harus mendukung UMKM yang ada dengan dana APBD yang sudah dianggarkan maupun juga usaha-usaha sendiri,” ungkapnya.

Jika UMKM tidak mendapat dukungan dari pemerintah, lanjut Bupati, salah satu dampak buruknya adalah usaha mereka akan terpuruk. Demikian pula jika tidak segera diatasi dan upaya-upaya yang dilakukan lantaran tidak bisa mengelola laba yang masuk selama pandemi. “Menurut saya, sudah cukup banyak keberhasilan dari pemerintahan daerah baik produksi masker dan pembuatan suplemen yang ada,” jelasnya.

Hal itu ditunjukkan dengan pembuatan masker yang dibagikan ke desa-desa dan kecamatan di seluruh Kabupaten Pati.

Bupati yakin banyak pemuda yang berkecimpung di bidang UMKM, dapat memberikan edukasi dan motivasi kepada para pengusaha-pengusaha muda yang berada di setiap kabupaten.

Hal tersebut merupakan satu langkah yang baik untuk mengkoordinasi dan mengenalkan Kabupaten Pati keluar daerah.

Dalam keadaan seperti ini, pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang industri makanan dan kesehatan untuk menawarkan produknya.

Saat ini khususnya di industri kesehatan banyak menawarkan produk-produknya seperti minuman penambah imun, vitamin, hingga vaksin untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

Bupati berterimakasih kepada Kepala Kadin atas bimbingannya sehingga pelaku UMKM di Kabupaten Pati bisa meningkat dengan baik. “Saya berharap pemuda bisa memunculkan ide-ide kreatif dan mampu mengelola dibidangnya,” pungkas Bupati. (Dik/Hms)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak