Peringatan HUT ke-75 TNI Dilaksanakan Sederhana Dengan Terapkan Protokol Kesehatan


SeputarPati.Com-Peringatan Hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia di Kabupaten Pati dilaksanakan secara sederhana yang dipusatkan di aula suluh Bhakti Kodim 0718/Pati. Senin, (5/10).  Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, tokoh masyarakat, Veteran, Ketua FKPPI, PPM, Hipakad serta tamu undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam peringatan hari jadi ke-75 TNI tahun 2020 ini,  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu dirayakan dengan acara hiburan serta pagelaran kesenian. Pada tahun ini karena masih dalam suasana pandemi covid-19, acara tahunan yang selalu digelar oleh Institusi TNI ini dirayakan dengan acara sederhana yaitu difokuskan pada kegiatan karya bakti, bakti sosial dan pada puncak acara peringatan HUT dilaksanakan acara tasyukuran secara sederhana.

Hal ini juga disampaikan oleh Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE,M.I.Pol. Dalam sambutannya di acara tersebut dengan diawali menyaksikan video sejarah lahirnya Tentara Nasional Indonesia dirangkai dengan video Kalaideskop kegiatan menyambut HUT TNI yang dilaksanakan oleh Kodim 0718/Pati.

“Keberadaan TNI tidak lepas dari perjuangan dan perkembangan dari sejarah bangsa ini. TNI merupakan bagian berasal dari rakyat dan untuk rakyat yang terbentuk pada awalnya dari Badan Keamanan Rakyat merupakan gabungan dari laskar-laskar serta pejuang,” Ujar Letkol Adi.

Dandim menambahkan, “Ini mengutip pidato yang disampaikan oleh Letnan Jenderal Urip Sumoharjo bahwa aneh Negara tanpa tentara sehingga dibentuklah TKR (Tentara Keamanan Raktyat) pada tanggal 5 oktober 1945 sehingga pada tanggal itulah yang dijadikan sebagai hari kelahiran TNI,”Terangnya.


Letkol Adi juga menyampaikan bahwa tanggal 5 oktober juga merupakan hari jadi kodam IV/Diponegoro yang ke-70. Dan tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-75 ini adalah Sinergi Untuk Negeri dengan maksud dalam membangun Bangsa Indonesia yang besar tidak bisa sendiri-sendiri namun harus bersinergi semua pihak.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pati H.Haryanto,SH,M.M,M.Si  mengucapkan selamat hari Ulang Tahun ke-75 TNI. “Tidak terasa TNI sudah berulang tahun ke-75 dan usia yang sudah lanjut dan melebihi usia kanjeng Nabi Muhammad SAW,”Ucap Bupati.

Haryanto menambahkan, HUT TNI hari ini diperingati secara sederhana namun tidak menghilangkan perjalanan sejarah panjang yang dirintis TNI pada waktu itu yang sudah berkali kali berubah nama sampai dengan ABRI terdiri tiga angkatan dan Polri kemudian hingga menjadi TNI kembali namun tidak menjadikan perpecahan ditubuh angkatan ke empat ini.” Justru saling sinergi dan saling memperkuat satu sama lain yang patut kita contoh dalam rangka untuk mempertahanankan keamanan Negara maupun daerah,”Ujar Haryanto.

“Saya sebagai kepala daerah mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Dandim dan jajaranya yang telah bersinergi bersama pemerintah daerah dalam kamtibmas bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas ditingkat desa,”Ucap Bupati.

Sebelum acara tasyukuran oleh Kodim 0718/Pati dimulai, tidak ketinggalan Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at S.I.K bersama jajarannya juga memberikan kejutan dengan membawa kue ulang tahun serta spanduk ucapan selamat hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia yang menunjukkan keharmonisan serta sinergitas dua Institusi tersebut yang terjaga dengan sangat baik. (Dik/Pendim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak