Pj Bupati Apresiasi Pendampingan dan Fasilitasi Penderita Hemofilia di Kabupaten Pati

SeputarPati.Com-Bertempat di Aula RSUD Soewondo Pati, Rabu (21/9), Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menghadiri pertemuan ilmiah World Federation Hemophilia (WFH).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala DKK, Direktur RSUD RAA Soewondo Pati dan para tamu undangan.

Pj Bupati Henggar mengucapkan terima kasih kepada  Direktur RSUD RAA Soewondo Pati yang telah bekerjasama dengan World Federation Hemophilia (WFH), Perhimpunan Hematologi dan Tranfusi Darah Indonesia ( PHTDI ) Jawa Tengah dan Himpunan Masyarakat Hemophilia Indonesia (Indonesia Hemophilia Society) demi terselenggaranya kegiatan ini.

Henggar pun menyambut baik pertemuan ilmiah ini sekaligus mengapresiasi sinergitas yang telah terjalin dengan baik diantara para stakeholder.

"Kami pun mengapresiasi berbagai kontribusi yang telah diberikan dalam memfasilitasi dan memberikan perhatian serta pendampingan terhadap penderita hemofilia", tambah Pj Bupati.

Menurut data yang ada, sambung Henggar, pasien hemofilia yang rutin berobat di RSUD RAA Soewondo berjumlah 12 orang. "Secara kuantitas memang terbilang sedikit, namun meski demikian tetap tidak boleh disepelekan", tegasnya.

Itu lantaran efek yang ditimbulkan dari penyakit hemofilia cukup berat dan sudah pasti akan berdampak pada kualitas hidup pasien apabila tidak mendapatkan pendampingan, perawatan dan penanganan sesuai dengan standar medis dan protokol yang ada.

"Seperti yang kita ketahui bersama, meski tergolong langka hemofilia tergolong penyakit katastropik, dimana penderitanya rentan mengalami pendarahan berulang yang berpotensi mengakibatkan kecacatan bahkan kematian", jelasnya.

Karena itu, menurut Henggar, pertemuan ilmiah seperti ini perlu diselenggarakan secara rutin sebagai bentuk dukungan kepada para pasien sekaligus sosialisasi kepada masyarakat terkait hemofilia

"Karena bisa saja di luar sana masih banyak masyarakat yang belum memahami karateristik dan penanganan penyakit ini sehingga dimungkinkan data yang kita miliki terkait jumlah penderita hemofilia tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan", terang Pj Bupati.

Dengan adanya diseminasi terkait hemofilia seperti ini, Henggar berharap masyarakat semakin teredukasi sehingga apabila ada yang memiliki gejala hemofilia dapat memeriksakan diri ke unit pelayanan kesehatan terdekat agar mendapat penanganan yang tepat dan memadai.

"Pemerintah Kabupaten Pati berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait, berkomitmen sepenuhnya untuk mendorong terwujudnya implementasi standar layanan yang memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi pasien hemofilia terutama terkait aspek ketersediaan obat, fasilitas dan mekanisme pembiayaan", sambung Pj Bupati.

Hal itu, menurut Henggar, karena penanganan hemofilia yang optimal bukan hanya membutuhkan dukungan medis namun juga dari sisi kebijakan. (Hms/Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak