Sekda Pati: Kolaborasi Pemkab dan Perbankan, Bantu UMKM Bangkit Pasca Pandemi

SeputarPati.Com-Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Jumani membuka Bazaar Klaster Mantriku, Sabtu (17/9/2022), pelaksanaan bazar di halaman parkir Stadion Joyokusumo.

Bazaar Klaster Mantriku menjadi ajang puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Kabupaten Pati dan sekitarnya memamerkan produk.

Bazar ini terselenggara atas kolaborasi Dinas Koperasi dan UMKM Pati bersama BRI Kantor Cabang Pati, Rembang, Blora dan Cepu.

Sekda Pati Jumani bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya ini adalah wujud kontribusi, partisipasi, sinergitas, dan kolaborasi dari BRI untuk ikut membangkitkan perekonomian daerah pascapandemi Covid-19.

Menurut Jumani, UMKM di Pati yang berjumlah ribuan memang perlu sentuhan berbagai pihak, termasuk sentuhan dari dunia perbankan, agar bisa bangkit.

"Bazar selain meningkatkan promosi produk UMKM juga menyukseskan program pemerintah, program nasional, yakni bangga dengan produk UMKM," kata Jumani.

Menurut Jumani, yang diperlukan UMKM untuk berkembang ialah promosi produk. "Ini menjadi ajang promosi yang luar biasa menurut saya. Terlebih bagi UMKM yang terkena impact (dampak) pandemi dan (kenaikan harga) BBM. Luar biasa BRI mengadakan event semacam ini. Bisa menaikkan omzet UMKM," kata Jumani.

Menurut Jumani, selain ajang promosi produk, UMKM juga membutuhkan kemudahan akses permodalan dan pendampingan intensif.

Terkait pendampingan ini, BRI punya mantri-mantri yang melakukan pembinaan langsung ke pelaku UMKM. "Ada pendampingan terus menerus. Didampingi terus agar produk laku, omzet naik," jelas Jumani. (Hms/Dik)

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak