Kerajinan Logam dari Desa Bakaran Kulon Juana, Mampu Tembus Pasar Ekspor

SeputarPati.Com-Logam tidak hanya berguna sebagai material dalam membuat berbagai perkakas rumah tangga, namun bahan logam juga dapat dibuat menjadi beragam kerajinan. Selain menggunakan mesin dan cetakan berteknologi, kerajinan dari logam juga mampu  diolah dengan menggunakan tangan pada industri rumahan

Salah satunya adalah Kerajinan logam yang ada di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah dari sentra industri kecil dan menengah (IKM) ini, mampu menembus pasar ekspor dan di dalam negeri, produknya dipasarkan ke Solo,Yogyakarta, Bali, Jepara, Semarang dan juga pernah melayani permintaan dari luar negeri seperti Amerika Serikat dan Prancis,

Ditemui terpisah, pengusaha kerajinan logam, Wati didampingi suaminya, mengaku telah menjalankan usaha tersebut sejak tahun 2011. Dia menuturkan awalnya usahanya jatuh bangun dengan susah payah keliling ke Bali, Solo, Semarang dan sekitarnya mencari order,”Alhamdulillah pertama kali dapat order dari Semarang berupa knop dan tarik’an pintu sebanyak 2000,”tuturnya.

Lebih lanjut Wati mengatakan, adapun produk-produk dari kerajinan logam antara lain, kura-kura, putri duyung, ikan, binatang, patung, lampu hias untuk dalam maupun luar ruang, hiasan dinding, kaligrafi, meja dan lainya. “Harga bermacam-macam dari mulai Rp120.000 sampai Rp 500.000 lebih, berdasarkan besar, kecil, dan rumit tidaknya dalam membuat produk tersebut dan semua order tergantung permintaan dari buyer,” katanya saat ditemui di rumahnya. Sabtu (7/10/23)

Demi terus menumbuhkan wirausahanya, Wati dan suaminya membeli bahan baku dari rosok di sekitar Juwana. Beragam model dan bentuk kerajinan yang diproduksinya, ada 150 jenis, yang siap dipasarkan ke dalam negeri dan luar negeri. (Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak