Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Panwaslu Kecamatan Pati Rekrut 337 Pengawas TPS Pemilu 2024

Seputarpati.com-Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pati,siap merekrut 337 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai pada tanggal 2-6 Januari 2024.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pati, Edi Kiswanto mengatakan antusias para pendaftar mencerminkan semangat kuat untuk berkontribusi dalam menjaga proses demokrasi. Panitia pendaftaran di Kecamatan Pati, bekerja keras untuk memastikan proses penerimaan berlangsung lancar dan pengecekan kelayakan calon pengawas juga dilakukan dengan cermat.

“Mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 6 Januari 2024 kami panitia pengawas pemilu kecamatan Pati melaksanakan pendaftaran pengawas TPS sesuai amanah UU Pemilu No. 7 Tahun 2017 untuk membantu pengawas kelurahan atau Desa se Kecamatan Pati dalam melakukan pengawasan untuk mencegah pelanggaran dan mengatasi berbagai persoalan dalam pelaksanaan pemilu,”ujar Edi Kiswanto ketika ditemui di Sekretariat Panwaslu, Kamis (4/01/2024).

Lebih lanjut Edi Kiswanto mengatakan, Karena pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara) merupakan garda terdepan dari pengawasan untuk mengawal proses pemungutan suara hingga penghitungan suara (tungsura)

“Maka kami berharap proses pembentukan pengawas TPS ini mendapatkan bibit SDM yang berkualitas, berintegritas, berkualitas dan berkomitmen tinggi. Adanya satu Pengawas di setiap TPS diharapkan menjadi ujung tombak demokrasi di TPS sesuai slogan Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,”katanya

Nur Achwan, selaku Kordiv Hukum Parmas Humas dan Pencegahan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pati. menuturkan bahwa antusias masyarakat cukup tinggi untuk mendaftar sebagai PTPS.

”Dari hari pertama setelah dibuka pendaftaran sampai dengan hari ketiga sekitar jam 4 sore, hari ini mencapai 261 orang pelamar, yang dibutuhkan 337 pengawas TPS dari total TPS di Kecamatan Pati yaitu 337 termasuk TPS khusus,”jelasnya. (Dik)

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak