Tradisi Sedekah Laut di TPI Bajomulyo Berlangsung Sederhana

SeputarPati.Com- Tradisi sedekah laut yang digelar nelayan di TPI Bajomulyo  Kecamatan Juwana Pati Jawa Tengah, berlangsung sangat  sederhana, Kamis (20/5), Biasanya Puncak upacara dilakukan dengan kirab  atau arak- arakan,  pada upacara sedekah laut kali ini tidak  dilaksanakan  karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Kepala Desa Bajomulyo H.Sugito mengatakan  mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, yang sampai sekarang belum selesai, sehingga  tradisi sedekah laut dilaksanakan sederhana cukup dengan 3 an yaitu, keselamatan, manakipan dan kebudayaan, selain itu juga ada santunan pada anak yatim piatu,”jelasnya.

Sugito menambahkan, yang utama tradisi sedekah laut adalah  larung sesaji dengan miniatur kapal juga ada umba rampe yang dilarung ditengah dilaut, selain itu intinya daripada sedekah laut sebagai rasa wujud syukur para nelayan, pelaku usaha perikanan atas segala kelimpahan rezeki, nikmat serta kesehatan yang berikan oleh Alloh SWT.

Sementara itu, Sekretaris Desa Bajomulyo Supriyadi menjelaskan,  upacara sedekah laut yang sudah menjadi agenda tahunan di TPI Bajomulyo pada tahun 2021 ini tetap digelar, namun dengan kegiatan yang lebih sederhana.

''Hal ini  dilakukan agar kegiatan upacara tidak sampai menimbulkan kerumunan warga dalam jumlah besar. Karena itu, upacara yang biasanya diramaikan dengan kegiatan arak-arakan  juga tidak lakukan  ''Dalam kegiatan ini , kita sudah mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan,'' jelasnya. (Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak