Penutupan Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 UNHAN RI

Magelang, SeputarPati.Com-Bertempat di Lapangan Pancasila Akademi Militer dilaksanakan Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Universitas Pertahanan RI Tahun Akademik 2022/2023, Senin (22/08/2022).

Sepagai Inspektur Upacara Rektor Unhan Universitas Pertahanan Republik Indonesia Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.SC., DESD., ASEAN Eng. Di hadiri oleh Warek I, Warek III Unhan RI, Dekan Fakultas Kedokteran Militer, Dekan Fakultas Farmasi Militer, Dekan Fakultas Mipam Dan Dekan Fakultas Teknik Militer, Karo Akademik Dan Karoum Unhan Ri dan Pejabat Distribusi Akademi Militer, Gumil/ Dosen Gol. IV Akademi Militer Serta Para Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Universitas Pertahanan Tahun Akademik 2022/2023.

Rektor Unhan dalam amanatnya menyampaikan rasa bangga dapat menyaksikan putra/putri terbaik bangsa sebagai Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Unhan Ri, yang telah selesai melaksanakan Diksarmil Chandradimuka selama dua bulan terhitung mulai tanggal 20 Juni S.D. 22 Agustus 2022 dengan jumlah 300 kadet.” Kita semua berharap, para Kadet Mahasiswa dapat menjadi sumber daya manusia pertahanan yang berkualitas dan memiliki kapabilitas yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas.,”tegasnya

Dinamika tantangan lingkungan strategis semakin kompleks, bergerak sangat cepat dan tidak dapat diprediksi. oleh karenanya, bangsa dan negara berupaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas baik dari segi keilmuan maupun kepribadian sebagai Garda terdepan Kedaulatan Bangsa Indonesia.”Pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya membutuhkan dukungan dan sinergitas dari segenap komponen bangsa sesuai tugas dan fungsinya,” sambung beliau.

Kemudian beliau menegaskan, ”Pendidikan Dasar Militer yang telah dilaksanakan merupakan wahana untuk menanamkan sikap disiplin serta meningkatkan rasa nasionalisme, saling menghormati serta menciptakan generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri dan pekerja keras. Semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara yang ditanamkan dalam Pendidikan Dasar Militer sangat penting dalam pembangunan Bangsa Indonesia serta menciptakan Sumber Daya Manusia berkualitas dan dapat diandalkan. “tuturnya

Sejalan dengan program pemerintah dalam Mewujudkan Implementasi Visi Presiden RI No.1 Tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Menuju 2045, maka Unhan RI berperan dan berkontribusi untuk menyiapkan serta membentuk SDM pertahanan berkualitas, unggul dan berwawasan kebangsaan yang dilandasi semangat bela negara melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan berakhirnya Diksarmil ini, diharapkan segenap Kadet Mahasiswa   S-1 Cohort 3 akan menjadi mahasiswa Unhan RI yang berjiwa Pancasila, mempunyai keluhuran yang sejati, berjiwa patriot yang cerdas dan berbudi luhur, serta siap berbakti kepada bangsa dan negara.

Diksarmil ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses berkat kerja keras semua personel, pembina dan pelatih serta dukungan sarana prasarana  Akademi Militer. maka dari itu, selaku Rektor Universitas Pertahanan RI, mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Akademi Militer dan jajarannya atas dukungan dan kerjasamanya. terima kasih juga kepada personel Unhan RI yang terlibat dalam pelaksanaan Diksarmil ini. Kerja sama Akmil dan Unhan RI dalam kegiatan Diksarmil ini, mampu membentuk kadet-kadet Unhan RI yang berdaya guna bagi pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pertahanan Indonesia.

Diakhir amanat beliau berpesan kepada para Kadet Mahasiswa Unhan RI untuk selalu memupuk kerja sama, menanamkan kepedulian dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap kesulitan maupun hambatan. Kadet Mahasiswa adalah sumber daya manusia yang unggul dari 34 provinsi dan merupakan kebanggaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan memohon Ridho Tuhan yang maha esa, pada hari ini, Senin, tanggal 22 Agustus 2022, pukul 09.00 Wib,  Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S-1 Cohort 3 Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Pertahanan RI secara resmi dinyatakan “ditutup”.

Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Besar, selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan kekuatan-nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdian demi kejayaan bangsa dan negara indonesia. “Selamat melanjutkan perkuliahan dan semoga lulusan Kadet Mahasiswa Unhan RI nantinya menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul, berjiwa patriot dan berkarakter bela negara serta berguna bagi nusa, bangsa dan negara indonesia.” pungkasnya. (Penhumas Akmil/Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak