Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Wabup Tekankan Pentingnya Nilai Gizi Untuk Kesehatan Masyarakat

SeputarPati.Com-Hadiri Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), Wakil Bupati Pati Saiful Arifin tekankan pentingnya nilai gizi untuk kesehatan masyarakat.

Safin menyebut kegiatan yang difasilitasi Komisi IV DPR RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini sangat bermanfaat, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Pati.

Selain Wakil Bupati, acara yang berlangsung di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati, Selasa (4/5), juga dihadiri oleh Direktur Usaha dan Investasi PSDPKP Catur Sarwanto, Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas DKP Jateng Imam Kadarusmas, anggota DPRD Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati serta anggota DPR RI Firman Soebagyo secara virtual.

Menurut Safin, bicara makan ikan, bagi masyarakat di Kabupaten Pati tidaklah terlalu asing. Mengingat letak geografis Kabupaten Pati berada di pesisir dan memiliki ratusan kapal nelayan yang berada di Juwana. Sehingga dengan adanya safari GEMARIKAN ini, asupan gizi dan protein yang dibutuhkan masyarakat dapat terserap dengan baik untuk mengurangi stunting.

"Dengan upaya-upaya gemar makan ikan ini, tentunya dapat mengurangi angka stunting. Dan di Kabupaten Pati ini sudah sesuai dengan harapan. Kita kuatkan mulai dari desa-desa. Karena dari desa di Kabupaten Pati ini banyak yang menghasilkan ikan laut maupun ikan darat yang menjadi sumberdaya kekuatan di Kabupaten Pati ini," sebut Safin.

Untuk itu, Wakil Bupati akan terus mendukung program-program pemerintah pusat dalam memerangi stunting khususnya di Kabupaten Pati.

Ia berharap khususnya di Kabupaten Pati, tidak hanya fokus kepada penangkapan ikan saja, namun dapat memproduksi berbagai macam olahan ikan agar dapat lebih bermanfaat dan nilai tambah bagi kemajuan masyarakat di Kabupaten Pati.

Sementara itu, anggota DPR RI Firman Soebagyo yang turut hadir lewat aplikasi zoom menyebut, jika angka stunting di Kabupaten Pati sudah mengalami penurunan yang signifikan jika dibanding pada tahun terdahulu. Menurutnya, untuk daerah-daerah pegunungan yang jauh dari laut kini sudah bisa membudidayakan ikan air tawar dengan baik.

"Saya sebagai orang Pati, harus merasa bersyukur. Tingginya stunting saat ini masih rendah dibanding dahulu. Karena potensi perikanan di Kabupaten Pati ini sangat luar biasa," katanya.

Acara ditutup dengan penyerahan bingkisan oleh Saiful Arifin, berupa berbagai macam olahan dari bahan ikan secara simbolis kepada perwakilan desa Sukolilo dan Beketel, serta perwakilan ibu-ibu PKK. (Hms/Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak