Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Warga Banjarsari Datangi Kantor BPN, Protes Tanah Lapangan SD Dijadikan Hak Milik Perorangan

Kades Banjarsari Sudiman, saat memberi keterangan
pada awak media  di Kantor BPN Pati

SeputarPati.Com- Sejumlah Warga Desa Banjarsari Kecamatan Gabus Pati Jawa Tengah, mendatanagi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati, Selasa (8/6).

Maksud Kedatangan warga tersebut mempertanyakan tanah lapangan yang statusnya milik tanah desa tetapi malah berubah jadi hak milik perorangan.

Kades Banjarsari Sudirman menjelaskan, bahwa tanah lapangan yang akan dikuasai itu, seluas 3.806 meter persegi yang lokasinya di SD N 02 Banjarsari.”Awalnya pada masa itu memang desa tidak memliki sekolah dasar, pada masa pemerintahan presiden Soerharto sekitar tahun 1973, membuka program SD Inpres untuk dibangun gedung sekolah di daerah terpencil yang kategori berpenghasilan rendah,”jelas Sudiman

Kepala Desa Sudiman menambahkan, bahwa untuk mendirikan gedung SD Inpres, syaratnya harus mempunyai tanah lapangan dan bangunan, selanjutnya warga yang pada waktu itu dipimpin Kepala Desa melakukan iuran untuk membeli tanah.”Akhirnya setelah lama tanah yang digunakan untuk sekolah ternyata, pada tahun 2019 ada orang yang mau mengambil alih tanah tersebut untuk dijadikan hak milik.”Bahkan berkas permohonannya sudah dimasukan ke BPN dan telah dalam proses penertiban sertifikat,”imbuh Sudirma

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, bahwa seseorang yang akan menguasai tanah tersebut yang akan dijadikan hak milik adalah Sukiman mantan kepala desa namun beliau sudah meninggal dunia. “Adanya kejadian itu warga masyarakat menolak tidak membolehkannya karena tanah itu kedepan biar untuk anak cucu kita,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Banjarsari Sudirman, menegaskan dan meminta  pada Kantor BPN, untuk menangguhkan penerbitan sertifikat, karena dalam hal ini, pemohon sertifikat didalam dokumen desa, bukan pemilik tanah lapangan tersebut. (Dik)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak