Kamis, 24 Februari 2022

Mahasiswa UPGRIS Adakan Sosialisasi Tanggap Bencana dan Bagikan Tempat Sampah

SeputarPati.Com-Sebagai Program kerja yang harus dilakukan, Tim Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengadakan  sosialisasi tanggap bencana yang bertemakan “Kebersihan Lingkungan Sebagai Pencegahan Banjir” berlangsung diPosko Bencana Desa Gajahmati Kecamatan Pati Kabupaten Pati, Sabtu, 19 Februari 2022

Acara sosialiasi tersebut, selain dihadiri oleh perwakilan dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Hayyun Fulanun,  hadir juga Kepala Desa Gajahmati Sri Lestari dan perangkat desa.

Dalam sambutanya Kepala Desa Gajahmati, Sri Lestari mengatakan, melalui acara sosialisasi tanggap bencana yang diadakan oleh Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang ini, diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingya menjaga kebersihan lingkungan.

Sri Lestari menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan bukti nyata keterlibatan Mahasiswa  Universitas PGRI Semarang dalam membangun masyarakat untuk menjaga lingkunganya.”Perlu diketahui bahwa masalah utama yang menyebabkan terjadinya banjir di dukuh ngantru sekitarnya selain faktor alam adalah kurangnya kesadaranya masyarakat untuk peduli pada lingkungan, masih banyak membuang sampah sembarangan tempat  terutama dibantaran sungai,”jelasnya

Sementara itu, Perwakilan dari BPBD Kabupaten Pati, Hayyun Fulanun menyampaikan penanggulangan bencana merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bersifat preventif, penyelamatan dan rehabilitasi secara koordinasi cepat, tepat dan juga menyebabkan lintas sektor.

“Adanya sosialisasi ini merupakan kegiatan yang baik untuk masyarakat dan bermanfaat, terutama mengedukasi tentang lingkungan juga tanggap bencana sebagai upaya untuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir di sekitar Ngantru Gajahmati atau desa lainya,”terang Hayyun Fulanun

Selain mengadakan sosialisasi tanggap bencana, Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang ini juga memberikan materi tentang  hal apa saja yang diperlukan saat terjadinya darurat bencana, seperti banjir serta cara-cara  tepat agar tidak panik menghadapi banjir.

Dalam kesempatan itu, Tim Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) secara langsung menyerahkan 10 tempat sampah  dari ember bekas yang dicat nampak bersih dengan ukuran yang besar. Sebagian  tempat sampah  diletakan ke lokasi-lokasi yang belum ada tempat sampahnya. (Red)

 

 


EmoticonEmoticon