Tradisi Sedekah Bumi di Desa Sugihrejo

SeputarPati.Com- Desa Sugihrejo kecamatan Gabus Kabupaten Pati, Sabtu (11/6) menggelar kegiatan adat sedekah bumi  bertempat  di punden Mbah Widuri turut dukuh pakis,  berbagai acara kesenian  budaya  digelar, seperti kesenian ketoprak, wayang kulit dan lainya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sugihrejo Tri Setyanto, SE beserta perangkatnya, Babhinkamtibmas, Babinsa, BPD, karang taruna,  tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat.

Acara sedekah bumi dimulai pagi hari  dengan selametan/doa bersama yang dipusatkan , di punden Mbah Widuri, setelah pelaksanaan doa,  masing-masing warga membawa nasi berisi lauk pauk untuk dibawa pulang, kemudian siang harinya sebagai puncak acara digelar pertunjukan wayang kulit dan ketoprak.

Kepala Desa Sugihrejo Tri Setyanto, SE mengatakan, kegiatan tradisi sedekah bumi ini,  merupakan wujud rasa syukur warga masyarakat kepada Alloh S.W.T  atas hasil bumi yang melimpah, adanya tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang.

“Selain itu, masyarakat juga memohon  keselamatan dari Yang Maha Kuasa. Serta tetap untuk  bersyukur karena kita sudah di berikan keselamatan dalam bekerja dan hidup sehari-hari. Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya dan Sedekah bumi juga ajang silatuhrahmi  untuk mempererat persaudaraan antar warga,”katanya. 

Adanya tradisi sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. di desa Sugihrejo Desa setiap tahunnya, tepatnya pada bulan Apit  selalu  mengadakan kegiatan ini dengan selametan/doa bersama dilanjutkan hiburan wayang kulit dan  ketoprak. (Dik)

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak