Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Warga Desa Sidoarum Menggelar Tradisi Sedekah Bumi

SeputarPati.Com-Warga Desa Sidoarum, Kecamatan Jakenan  Kabupaten Pati Jawa Tengah, menggelar tradisi sedekah bumi, bertempat dimasing-masing dukuh atau punden sebagai cikal bakal di wilayah setempat, Kamis pagi  (9/6)

Dalam prosesi acara sedekah bumi tersebut, setiap kepala keluarga yang datang diwajibkan membawa nasi bersama lauk pauk dari rumah sebagai syarat untuk pelaksanaan tradisi sedekah bumi. Nasi dan lauk yang sudah terkumpul kemudian dibacakan doa, dipimpin  oleh salah satu tokoh agama atau  masyarakat setempat

Selesai melakukan doa bersama,  seluruh nasi dikumpulkan dan dicampur menjadi satu. Warga lalu mengepung nasi bancakan dan dimakan bersama-sama.

Menurut Kepala Desa Sidoarum, Mulyono mengatakan, bahwa Sedekah bumi sebagai simbol kebersamaan dan kemakmuran desa. Karena sejak kepala desa terdahulu, acara sedekah bumi telah rutin dilaksanakan yaitu setiap bulan Apit.

”Tradisi ini tetap kita lestarikan dan apa yang dilakukan oleh para pendahulu  kita lanjutkan agar bisa turun-temurun. Hal ini sebagai simbol ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan berkah yang melimpah. Selain itu juga sebagai bentuk rasa persaudaraan antar warga yang selama ini terjalin dengan baik,”terang kades Mulyono.

Mulyono menambahkan, Melalui tradisi sedekah bumi  ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga.”Intinya acara ini bertujuan wujud syukur masyarakat Sidoarum atas hasil pertanian yang berlimpah atas hasil bumi telah diberikan oleh Alloh S.W.T dan semoga  membawa keberkahan bagi warga,”katanya. (Dik)

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak