Pemkab Bantu Ratusan Juta Rupiah untuk Pembenahan Rumah Korban Banjir Margoyoso

SeputarPati.Com-Bupati Pati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin secara simbolis menyerahkan rumah beserta kuncinya kepada warga korban banjir bandang di Desa Bulumanis Kidul, Jumat (19/8/2022).

Ini merupakan tindak lanjut, usai Haryanto beberapa waktu sebelumnya memimpin rapat koordinasi penyerahan bantuan korban banjir bandang Margoyoso, di Ruang Joyokusumo pada Selasa (9/8).

Banjir bandang yang melanda di daerah itu terjadi lantaran tanggul Sungai Suwatu di Kecamatan Margoyoso jebol hingga mengakibatkan dua desa di sekitarnya terdampak parah yaitu 17 rumah rusak di Desa Tunjungrejo dan 20 rumah rusak di Desa Bulumanis Kidul.

"Berkat gotong - royong oleh semua pihak, akhirnya kita mulai dapat membenahi kembali rumah yang rusak meskipun tidak sama seperti rumah yang sebelumnya. Setidaknya, pemerintah daerah bekerjasama dengan pihak desa dan donatur telah berupaya membantu meringankan", ujarnya.

Haryanto menegaskan, memang seringkali terdapat aturan yang menyulitkan, sebab untuk bisa mendapatkan anggaran bantuan perbaikan rumah, pihaknya harus siap menyatakan Tanggap Darurat Bencana sampai dengan bulan September 2022 mendatang.

Bupati Haryanto menyampaikan, Pemkab telah membantu korban banjir bandang sejumlah Rp 205 juta, sedangkan dari Baznas Kabupaten, menyerahkan bantuan senilai Rp 322,5 juta untuk rumah rusak ringan dan rusak berat di kedua desa tersebut.

"Ke depan juga akan dapat bantuan dari pemerintah provinsi, namun khusus untuk rumah yang hilang dan rumah yang rusak berat. Nanti bantuannya dikelola pihak desa bersama tim pengelola terkait. Bantuannya sebesar Rp 15 juta dan Rp 10 juta, namun nanti diberikan bukan berupa uang melainkan bangunan", jelasnya.

Selain itu, Haryanto juga menyebut jika akan ada lagi bantuan yang telah digerakkan lewat para ASN di Pati. Hal ini berkaca pada pengalaman sebelumnya bahwa ASN di Pati pernah berdonasi minimal Rp 100 ribu per orang untuk korban bencana NTB beberapa waktu yang lalu. (Hms/Dik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak