Hadiri Peringatan HUT Bhayangkara ke- 74, Bupati Menghimbau Tetap Waspada Dalam Menuju New Normal

Bupati Pati Haryanto, Kapolres Pati dan sejumlah pejabat
saat mengikuti upacara secara virtual dalam HUT
Bhayangkara ke-74
SeputarPati.Com- Bupati Pati Haryanto Bersama jajaran Forkopimda menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke- 74 di Mapolres Pati. Rabu, (1/7).

Bupati Haryanto beserta  Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pati mengikuti upacara secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI  Joko Widodo di ruang Mapolres Pati.

Dalam sambutan Bupati Pati Haryanto menyampaikan, hari ini  adalah kali pertama upacara peringatan Hari Bhayangkara yang dilaksanakan secara virtual. Namun, hal ini tidak mengurangi rasa khidmat.

“Mewakili masyarakat Pati dan Forkopimda, saya mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-74. Semoga Polri selalu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dengan baik,” katanya.

Masih dalam sambutan, Bupati Haryanto juga membahas mengenai pencabutan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19. Sebagaimana diketahui, maklumat yang telah dicabut tersebut antara lain berisi tentang larangan berkumpul.

"Sekalipun maklumat tersebut telah dicabut oleh Kapolri, bukan berarti masyarakat telah sepenuhnya bebas. Sebab, pencabutan maklumat tersebut diarahkan menuju tatanan new normal,"kata Haryanto.

Terbukti, di lingkungan Polri sendiri peringatan Hari Bhayangkara masih dilakukan dengan pembatasan-pembatasan khusus. Upacara pun tidak digelar terbuka, melainkan virtual. Karena itu, Haryanto mewanti-wanti masyarakat agar tetap waspada sembari menyesuaikan diri menuju era new normal.

“Terkait hal ini (new normal) sudah saya keluarkan surat edaran. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan Perbup. Akan kami bentuk tim penertiban masyarakat terkait kepatuhan pada protokol kesehatan,” jelas Bupati.

Bupati  menegaskan, kehati-hatian dan antisipasi terkait penularan virus corona tidak boleh ditinggalkan. Sebab, virus ini terbukti telah memakan korban dari berbagai kalangan.

Terkait tema Hari Bhayangkara kali ini, yakni “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”, ia menuturkan bahwa tema ini juga sesuai dengan keadaan new normal.

“Di saat ini, sembari mencegah perkembangan Covid, kita sekaligus memulihkan perekonomian secara bertahap,” ujar Haryanto

Terkait perekonomian, Haryanto mengatakan , masyarakat Pati 60-70 persennya mencari nafkah di sektor pertanian. Saat ini, hampir di seluruh wilayah Pati sedang musim panen raya. Oleh  karena itu perekonomian relatif aman. Namun, ia menyadari, di sisi lain masih ada pekerja di sektor lain yang belum pulih, di antaranya pekerja seni

“Saat ini pelaku seni mempertanyakan kapan bisa pentas. Terkait ini kita masih harus berhati-hati. Sebab, kalau diadakan panggung terbuka dengan jumlah massa besar, dikhawatirkan muncul klaster penularan baru,” ungkap Haryanto. (Didik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak