Seputarpati.com Aktual, Lugas, Objektif

Kelompok Wanita Tani Desa Mintobasuki Kembangkan Budikdamber




SeputarPati.Com-Dalam upaya  untuk meningkatkan  pendapatan keluarga, di masa pandemi Covid -19, Ibu-Ibu yang tergabung dalam Kelompok Tani Wanita “KINASIH”  di Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus Kabupaten Pati mengembangkan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) .
   
Acara tersebut berlangsung dihalaman  rumah Sri Wartini selaku Ketua Kelompok Tani (KWT), Desa Mintobasuki, Sabtu (22/8), dengan dihadiri PPL Slamet Rianto dan Penyuluh Perikanan se-Kecamatan Gabus Rianto, SP.


Ketua Kelompok Tani wanita (KWT) Sri Wartini mengungkapkan, tujuan dilakukan kegiatan Budidaya Ikan Dalam Ember ini  adalah untuk  membantu ketahanan pangan, selain itu untuk  meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga juga bagi para anggota kelompok tani. Selanjutnya setelah pelatihan ini berhasil akan dikembangkan,” Dalam mengembangkan Budikdamber akan kita sebarluaskan lagi kepada warga di desa mintobasuki,” katanya.

Sementara itu PPL Slamet Rianto mengatakan, adanya kegiatan ini berawal dari gagasan Ibu-ibu dimotori  oleh Sri Wartini karena di lingkungan sekitar desa banyak potensi yang bisa dikembangkan, seperti sayuran dan buah-buahan.”Saya selaku penyuluh pertanian diajak diskusi  selanjutnya kita adakan pembinanaan, kita bentuk administrasi mulai kepengurusan seperti ada Ketua, Bendahara dan pengurus lainya kemudian kita bentuk kelompok wanita  tani ini,” katanya.



Slamet menambahkan, setelah organisasi  dibentuk sekitar ada 22 anggota.”Kita   bergerak,  aktif  dengan melakukan Budidaya Ikan Dalam Ember, karena adanya budidaya tersebut merupakan satu kesatuan yang komplit yaitu ada budidaya ikan seperti ikan lele, gurami lan gabus sesuai yang diinginkan dan ada juga sayuran. Semuanya itu bertujuan untuk meningkatkan gizi keluarga dan meningkatkan ekonomi,” imbuhnya.

Selaku Penyuluh Perikanan di wilayah Gabus, Rianto menjelaskan, setelah adanya budidaya ikan dalam ember para Ibu-ibu semakin giat untuk terus mengembangkanya.” Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga, nantinya  diharapkan program seperti ini bisa kita sebarluaskan,”jelasnya. (Dik)


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak